Manfaat dan Daya Jual di Pasaran

Mungkin nama ikan lele tidak asing lagi ditelinga kita. Salah satu jenis ikan yang satu ini memang sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat, karena dagingnya yang cukup gurih dan lezat. Tak jarang hampir semua tempat makan dari restoran bintang lima sampai warung tenda dipinggir jalan menjajakan menu lele berbagai variannya, dari semur lele,  pecel lele sampai lalapan lele. Selain rasa  dagingnya yang sangat memanjakan lidah, juga mempunyai keunggulan lain yakni tak bersisik, sehingga mempermudah proses pengolahan dan juga mampu bertahan hidup lebih lama.

Kelebihan ikan lele bila dibandingkan dengan produk hewani lainnya ialah banyaknya kandungan Leusin dan Lisin. Leusin adalah asam amino esensial yang dapat bermanfaat untuk pertumbuhan anak – anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk pembentukan protein oto (Wikipedia. 2008).

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Lisin termasuk asam amino yang sangat penting dan dibutuhkan sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Pasalnya, asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Tak kalah pentingnya, lisin bisa melindungi anak dari cold sore dan virus herpes (Wikipedia, 2008).

Itu sebabnya bisnis lele saat ini menjadi salah satu bisnis  yang menguntungkan bagi tiap daerah penghasil lele. Tidak hanya bisnis budidaya lele saja yang menghasilkan keuntungan besar, namun bisnis berbagai macam olahan lele pun juga dapat memberikan penghasilan yang cukup besar bagi para pelaku usaha.

Berbagai varian menu hasil olahan lele pun menambah daftar nama makanan di dunia masakan. Bermula dari pecel lele yang sering dicari konsumen karena dirasa tidak merogoh kocek terlalu dalam, kini dengan adanya kreativitas dari pengusaha, ikan lele dapat diolah menjadi menu unik seperti abon, keripik tulang lele, dendeng lele dan masih banyak lagi.

Melimpahnya hasil panen lele, sering membuat harga jual ikan lele menjadi rendah bahkan sangat murah. Hal ini menyebabkan  ikan lele lebih diminati oleh masyarakat kalangan bawah karena harganya yang sangat terjangkau.

Namun dengan adanya berbagai inovasi pada hasil olahan lele, jal ini mampu menepis anggapan rendah pada ikan lele. Dengan mengolah ikan lele menjadi hasil olahan makanan yang enak, unik, serta kemasan yang menarik, mampu meningkatkan nilai jual ikan lele di pasaran. Maka tak heran jika saat ini keadaannya terbalik, produk olahan ikan lele digemari semua kalangan masyarakat. Dari yang awalnya tidak suka dengan ikan lele, kini mencari produk abon lele, keripik tulang lele, kerupuk lele, dendeng lele, es krim lele, nugget lele, hingga mangut lele kaleng untuk dijadikan sebagai oleh – oleh yang praktis.

Setelah melihat minat pasar yang begitu besar akan produk bisnis olahan lele, tidak luput bila kita mulai mencoba usaha budidaya ikan lele dengan serius guna menggapai hidup yang lebih maju.

Semangat………..!!!.

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

Filed under Manfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s