Cara Pemeliharaan Bebek

Proses pemeliharaan sangatlah penting dalam usaha beternak khususnya pembesaran bebek potong. Dalam hal ini mari kita simak bersama cara dan proses yang benar guna mencapai keberhasilan yang diinginkan. Pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam beternak bebek diantaranya proses Sanitasi kandang, pengontrolan penyakit, pemberian pakan, dan pemeliharaan kandang.

  1. Sanitasi Kandang

Kata sanitasi itu sendiri berarti usaha untuk menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan. Dalam hal ini yang dimaksud disini ialah menciptakan kandang supaya senantiasa bersih sehingga terhindar dari sapaan penyakit. Selain membersihkan kandang wajid selalu dilakukan juga  pencegahan penyakit perlu diperhatikan sejak dini untuk mewaspadai timbulnya penyakit.

2. Pengontrolan Penyakit

hal ini dirasa perlu dilakukan setiap saat dan secara hati-hati serta menyeluruh. Bila ada tanda tanda yang kurang sehat pada bebek harus ditangani secara serius, yakni memisahkan bebek yang sehat dengan yang sakit.

3. Pemberian Pakan

Pada dasarnya pemberian pakan pada bebek terdapat beberapa tahapan yaitu yaitu fase stater (umur 0–8 minggu), fase grower / pertumbuhan (umur 8–18 minggu) dan fase layar (umur 18–27 minggu). Pakan ketiga fase tersebut berupa pakan jadi dari pabrik (secara praktisnya) . Cara memberi pakan tersebut terbagi dalam empat kelompok yaitu:

a. umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)

b. umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai

c. umur 21 hari samapai 18 minggu disebar dilantai.

d. umur 18 minggu–72 minggu, ada dua cara yaitu 7 hari pertama secara pakan peralihan dengan memperhatikan permulaan produksi bertelur sampai produksi mencapai 5%. Setelah itu pemberian pakan itik secara ad libitum (terus menerus).

Dalam hal pakan itik dianjurkan untuk merangsum sendiri, untuk menghemat pakan biaya. Adapun barang-barang yang biasa ialah jagung, bekatul, tepung ikan, tepung tulang, bungkil feed suplemen. Semua itu bisa dicampur dengan nasi aking (nasi yang sudah dikeringkan) dan konsentrat untuk menambah protein sehingga dapat mempercepat pertumbuhan bebek.

Selain pemberian pakan yang diperhatikan, juga pemberian minuman bebek berdasarkan pada umur bebek yaitu :

a. umur 0-7 hari, untuk 3 hari pertama iar minum ditambah vitamin dan mineral, tempatnya asam seperti untuk anak ayam.

b. umur 7-28 hari, tempat minum dipinggir kandang dan air minum diberikan secara ad libitum (terus menerus)

c. umur 28 hari-afkir, tempat minum berupa empat persegi panjang dengan ukuran 2 m x 15 cm dan tingginya 10 cm untuk 200-300 ekor dan setiap hari dibersihkan.

4.  Pemeliharaan Kandang

Kandang hendaknya selalu dijaga kebersihannya dan daya gunanya agar produksi tidak terpengaruh dari kondisi kandang yang ada. Bila kandang semakin bersih dan sehat maka keberhasilan usaha kita pun akan semakin jelas.

Semoga Bermanfaat……….!!!

Tinggalkan komentar

Filed under Pemeliharaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s